Penerapan Model Self Directed Learning Berbasis Ict Terhadap Aktivitas, Hasil, Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa

USULAN

PENELITIAN DOSEN PEMULA

ANGGARAN DANA 2019

 

Kode/ Rumpun Ilmu : 742/Pendidikan Bahasa Inggris
Bidang Fokus : Sosial Humaniora, Seni Budaya dan Pendidikan
Tema Riset   : Pendidikan
Topik Riset   : Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran

 

TIM PENGUSUL

YULIA RIZKI RAMADHANI, M.Pd                     KETUA

RINI KESUMA SIREGAR, M.Pd                           ANGGOTA

Self directed learning berbasis ICT yaitu pembelajaran dengan teknologi yang dirancang untuk memungkinkan pembelajar belajar secara mandiri, dengan tujuan untuk menyampaikan pembelajaran bagi para pemelajar mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class room action research). Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan aktivitas, hasil, dan kemandirian belajar mahasiswa melalui penerapan model self-directed learning berbasis ICT; (2) menampilkan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model self directed learning pada perkuliahan. Dengan objek mahasiswa program studi pendidikan bahasa inggris Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan pada semester genap 2018/2019. Penyampaian materi ajar pada penelitian ini melalui web/blog pribadi dari dosen pengampu mata kuliah yang isinya berupa materi pembelajaran, tugas, dan sumber belajar lainnya seperti video dan jurnal untuk memperkaya materi ajar yang dapat diakses melalui https://yuliadamanik.moodlecloud.com/login/index.php

Data yang telah terkumpul akan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kualitatif akan digunakan untuk menganalisis data hasil observasi dan angket. Adapun bentuk observasi yang dilakukan adalah proses pembelajaran mahasiswa pada metode self directed learning yang diberikan oleh dosen. Aspek-aspek aktivitas belajar mandiri mahasiswa yang diteliti adalah: (1) kemampuan mahasiswa dalam mempersiapkan proses belajar mengajar (PBM) sesuai dengan kontrak belajar, (2) kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah, (3) interaksi mahasiswa selama kegiatan PBM, (4) tanggung jawab mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas kelompok dan mandiri dalam PBM, dan (5) motivasi dan kegairahan mahasiswa dalam PBM. Instrumen angket pada penelitian ini disusun dengan mengacu pada kisi-kisi yang mencakup tentang kemandirian belajar mahasiswa yang meliputi aspek : (1) keinginan belajar yang terdiri atas sikap inisiatif dan kemampuan mengatasi masalah, (2) pengelolaan diri yang terdiri atas perilaku mahasiswa dalam mencukupi kebutuhannya sendiri dan bertanggung jawab atas tindakannya, dan (3) kontrol diri yang terdiri atas sikap percaya diri dan dapat mengambil keputusan dalam memilih. Sedangkan analisis kuantitatif akan digunakan untuk mendeskripsikan hasil prestasi mahasiswa dalam hubungannya dengan penguasaan materi pembelajaran.

Penelitian ini diharapkan bisa dipublikasi pada jurnal nasional terakreditasi, namun target minimal akan dipublikasikan pada jurnal nasional non akreditasi. Penelitian ini juga akan di seminarkan dalam seminar nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *